KHASIAT SIRIP IKAN HIU

TENTANG IKAN HIU

 

Ikan  hiu merupakan 7% dari seluruh jenis ikan yang ada.  Sebagian besar menghuni perairan laut di semua samudera maupun perairan air tawar.  Jenisnya beranekaragam mulai dari yang terbesar yaitu ikan hiu paus (whale shark), Rhincodon typus yang berukuran panjang  tubuh 14 meter hingga yang terkecil berukuran panjang 15 cm yaitu Squaliolus laticadus.  Separuh dari semua jenis ikan hiu panjangnya tidak lebih dari 1 meter dan sekitar 80% ukuran tubuhnya lebih kecil dari ukuran tubuh orang dewasa umumnya.

 

Menurut evolusi, ikan hiu merupakan salah satu hewan yang dapat hidup di laut selama ratusan juta tahun lamanya.  Mereka mampu melawan kepunahan melalui keanekaragaman relative.  Oleh sebab itu menjadi species indicator yang baik guna mengukur dampak kegiatan manusia di dalam ekosistem laut.

 

Di dalam rantai makanan pada ekosistem laut, ikan hiu menduduki tingkatan konsumen puncak (top level) sebagai predator yang amat berpengaruh bagi keseimbangan ekosistem.  Banyak pakar kelautan meyakini bahwa ikan hiu merupakan mahluk vital dalam menjaga keanekaragaman hayati, khususnya di perairan laut.

 

Keistimewaan Ikan Hiu

 

Ikan hiu memiliki 7 (tujuh) indra, yakni pendengaran, penciuman (dapt mencapai beberapa mil jauhnya), peraba (touch), penglihatan, pengecapan (taste), rangsangan listrik (electrosense) serta garis tepidan organ-organ titik (pit organ) untuk menangkap getaran yang lemah.  Ikan bertulang rawan ini dikenal sebagai jenis yang mampu bermigrasi sangat jauh (migratory species) mengarungi samudera melintasi batas Negara dan benus untuk mencari pakan dan berproduksi.  Menurut laporan Wild Aid : The of the Line ? Global Threat to Shark yang ditulis  Susie Watts (2001), seekor ikan hiu biru (Blue shark), Prionace glauca yang diberi tanda (tag) di Tasmania tahun 2000 tertangkap di perairan bagian tenggara Afrika yang berjarak lebih kurang 9.500 km.  Kejadian serupa dialami pula oleh ikan hiu jenis Spiny dogfish, Squalus acanthias yang diberi tanda (tag) di Negara bagian AS, muncul perairan Jepang tujuh tahun kemudian setelah menempuh perjalanan sejauh 6.600 km.  Tertangkapnya ikan hiu tersebut sebagian besar adalah karena tersangkut jarring longline oleh kapal penangkap ikan.

 

 

Selain dagingnya, bagian –bagian tubuh ikan hiu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia antara lain :

·         minyak hati untuk bahan pencelupan dan industri tekstil, pabrik pelumas, cat, kosmetik, sumber vitamin A dan produk farmasi,

·         squalane dari hati untuk dibuat dibuat obat (bersifat medis),

·         darah diginakan digunakan dalam bidang kedokteran (anti koagulan),

·         kornea mata untuk transplantasi mata manusia,

·         tulang rawan dan sari tulang rawan digunakan untuk pengobatan penyakit tulang, kanker, kulit biautan dan obat luka baker,

·         gigi untuk perhiasan dan senjata (oleh suku maori) serta cindramata,

·         kulit digunakan untuk bahan makanan, penggosok dan pembuatan pakaian renang,

·         sirip punggung merupakan makanan mahal setelah dibuat soup.  Harga semangkuk soup sirip hiu mencapai US$ 100,00 di restoran-restoran seafood di seluruh dunia.

55 responses

14 11 2007
laso

lasomu sundala

10 08 2008
Rinko Jerrad

ada lagi yang lebih berharga dari ikan hiu?
kan kasihan…….ikan ini semakin langka.

pleeeaaseee..
buat yang cinta lingkungang sekaligus mau diet,
jangan makan sirip hiu/daging hiu.
kan banyak lemaknya….

hiiiiiiii………

14 11 2008
IMUL

BAGI PARA NELAYAN KHUSUSNYA PARA NELAYAN DARI SUMUT(PANAI) TOLONG TINGGALIN DEH JATAH UNTUK ROHIL! JANGAN SERING-SERING AMBIL HASIL LAUT DIROHIL ENTAR HABIS IKAN-IKAN NYA TERUTAMA IKAN HIU.
soalnya nic ikan hiu saat ini semakin berkurang….!

14 11 2008
IMUL

kepada bapak kepala dinas perikanan rohil yaitu bapak Amrizal….tolong ditindaklanjuti masalah penagkapan ilegaloging……..jangan terlalu lemah dalam khasus yang satu ini…….dari imul.BAA

14 11 2008
IMUL

BAPAK TAHUKAN PASARAN DUNIA ……TENTANG PERIKANA????? KENAPA HARUS SUKU TIONG-HWA(CINA) YANG DIUTAMAKAN?

28 11 2008
IMUL

EMANGNYA PENGHASIL IKAN HIU TERBESAR DIMANA YA…….?????

15 12 2008
agung

dimana bisa saya dapatkan pak tlg infonya

14 09 2009
tamala imut

ikan hiu semakin langkah tapi kenapa harus diburu kasihan ka orang nelayan sih pikirin untung coba pikirin populasi ikan hiu pasti tidak akan diburu

12 03 2010
icut

kandungan merkuri di sirip hiu.. apakah krna prairan yg tercemar limbah atau memang ada kandungan merkuri di sirip hiu itu??plis kasi jawaban dunk.. trus kalo memang ada merkuri,knapa org2 pd mkn sirip hiu ya???

9 04 2010
triple

kasihan sih hiunya…tp mkg kita ga pernah ngalamin hal buruk dgn ikan predator satu ini, mkg klo sdh pernah digigit ato diserang hiu..naah br qt benci n pngen smua hiu habis di dunia ini… hehehe…

19 05 2010
ully munchar

mohon informasi khasiat atau kandungan kulit ikan hiu sebagai bahan makanan

19 06 2010
rhesahatake

daging ikan hiu memang banyak memiliki khasiat tp badan konservasi dunia sudah tidak membolehkan meangkap ikan ini soal`y sudah terancam punah..

22 06 2010
4bdullah

saya setuju dengan saudara resa, seharusnya untuk sekarang ini diperlukan ilmuan-ilmuan yang handal dalam budidaya ikan hiu karena prospeknya lebih bagus.

21 07 2010
Benyamin

Saya sudah berhenti Jual Beli sirip ikan Hiu dan semacamnya..tapi aku lupa password dan username saat buat iklan ini..gimana cara tutup nya ya ?

Bantu aku donk..aku juga lupa email yang aku pakai buat regestrasi…

8 10 2010
Thomas

Penangkapan ikan hiu saya rasa boleh saja jika memang digunakan utk kesehatan atau bidang kedokteran, misalnya utk kesembuhan seseorang dari suatu penyakit, karena dgn begitu berarti telah menolong umat manusia dan Tuhan pasti akan senang akan itu, krn Tuhan menciptakan semua yg ada di dunia ini pasti ada gunanya, tidak ada sedikitpun yg tidak ada kegunaannya. Namun jika penangkapan ikan hiu utk hal2 yg tidak penting mohon jangan dilakukan. Jika manusia memang mau menangkap ikan hiu utk apapun itu, harus memikirkan pelestariannya juga, mgkn dgn mengembang biakkan ikan hiu? Bagaimana caranya agar tetap seimbang antara penangkapan ikan hiu dengan pelestariannya, sehingga ikan hiu akan terus berkembang dan manusia bisa terus menikmati kegunaan dari ikan hiu tersebut.

3 02 2011
kevin

Hehehe. . .iniii sementara makan soup sirip ikan Hiu. .

9 09 2011
bonjes

daripada memburu ikan hiu.. kita buru nelayan yang menangkap ikan hiu aja yuk.. kita kuliti lalu organ tubuhnya dijual di pasar gelap >:)

karena mereka merusak alam terus menerus..

2 10 2011
Dinar

Menurut ku boleh ajj ikan hiu siripnya dbuat sup karna punya banyak manfaat buat kesehatan

tapi seharusnya kita harus bertanggung jawab misalnya bikin penangkaran hiu ato sejenisnya yg bisa bkn hiu bisa berkembang biak n jenisnya enggak punah

7 10 2011
Thémàñgàñ Q Thé Böyezuké

okehh okehh ae lah selama bsa dimanfaati utk hidup mgp tdk???

12 10 2011
amanda harahap

saya mau sirip ikan hiu , bagaimana saya bisa mendapatkan ikan hiu dengan harga yang bisa di sepakati dan kita bisa bekerja sama

18 11 2011
ZecuroX

wah sirip hiu mahal ya O_O

6 01 2012
Ferry

Icut Kandungan merkuri di sirip ikan hiu oleh karena limbah penambangan emas liar yg sering membuang limbah merkuri ke laut lepas.

6 01 2012
Ferry

@ Amanda
Butuh sirip ikan him size spa sja,hub saya di email ferrynendissa@yahoo.co.id

6 01 2012
Ferry

@ Icut
Kandungan merkuri di sirip ikan hiu oleh karena limbah penambangan emas liar yg sering membuang limbah merkuri ke laut lepas.

16 01 2012
ronny

setelah diteliti ternyata sirip hiu tdk terlalu banyak nutrisinya.. tp aneh, kok byk diburu ya?
bisa lihat disini : http://teknologi.vivanews.com/news/read/224044-sirip-ikan-hiu-sebentar-lagi-dilarang
brarti keampuhan sirip hiu hanya mitos..

22 01 2012
Saifurrochim

Sup sirip Hiu ..

23 01 2012
lottocool

yang di bahas ikan hiu kok yang disalahkan orang cina? RACIST LOE YAH!~ buat yang komen2 diatas! ckckckck…

3 02 2012
2010 jadul sundul

jual aja nda apa2.. hargax bagus…. dgn bgitu ekonomi jd mningkat… soal alam dan sgala macamx dah ada yg atur… jalani saja…

15 02 2012
sabren

@jadul sundul : siapa yg atur? Manusia harus tahu diri, kita bagian dari alam, bukan pemilik alam! kalau mau sehat, manusia harus jaga kesehatannya sendiri, bukan dengan hidup sesukanya dan membuat punah mahluk lain. itu namanya tidak bertanggung jawab.
Bukan hanya di China, thailand, jepang, korea,dan afrika juga berburu sirip hiu. Ini bukan masalah global, ini masalah global.

9 04 2012
fajarcunx

please hiu smakin langka dan hiu juga mengandung mercury yg berbahaya untuk manusia #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks #saveSharks

5 10 2012
Haydar Gasim Shahab

tulang sirip hiukan mangandung vitamin A

5 10 2012
Haydar Gasim Shahab

minyak hati hiukan diyakini bs mencegah kanker

23 10 2012
fara rifdah

sirip ikan hiu mengandung apa ya?

23 11 2012
Yudha Arya Candra (@arryacandra)

Sirip Ikan Hiu mengandung merkuri yang sangat tinggi. Sudah jelas populasi hiu yang hanya 7% bagaimana anda bisa tetap mengeksploitasi hewan tersebut. Perburuan Ikan Hiu akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem laut yang berdampak pada kehidupan organisme laut dan pastinya dampak tersebut akan mempengaruhi kehidupan alam ini, termasuk manusia akan terkena dampaknya.
Please, we are together to save our earth and save our shark.

25 11 2012
raphael

ahhhh berisik kalian semua.. allah swt khan sudah menciptakan alam beserta isinya .yang penting halal dan memang utk di konsumsi. kecuali kalau kita makan babi itu baru tidak disarankan ” haram ”
GITU AJA KOK REPOT

12 12 2012
ikan hiu terbesar | Makanan Siap Saji

[...] benyamin.wordpress.com [...]

14 12 2012
wide

Wehh..
wehh..
ternyata sangat enak,
bukan hanya mitos,
siapa mau,
hubg
aku

23 01 2013
target

saya mempunyai banyak srip ikan hiu yang sudah di keringkan, tempat penjualan yang termahal di sumatra utara dan saya igin alamt ya yang lengkap?
terima kasih atas perhatiannya

20 03 2013
miss

amat kasian ikan hiunya, hiduppun diambil siripnya, tega sekali manusia itu, tolong kasihanilah ikan hiu itu> bagi yang Suka makan, sirip makanlah sirip yang lainnya jangan sampe merusak ekosistem biota laut, seandainya habis bagemana jadinya laut kita nanti……..ckckckckckc……..

20 03 2013
miss

Yang menciptakan sup sirip ikan hiu harus bertanggung jawab, karena gara2 resepnya banyak orang meminta sup ikan hiu akhirnya banyak orang menjadi jagal ikan hiu. yang paling kasihan ekosistem launnya, Bagaimanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………

8 04 2013
aulia karismaputri

tolong pemerintah jaga hiu di indonesia agar populasinya tetap stabil,hiu kan juga makhluk Tuhan masak sesama makhluk Tuhan ngak menghargai pokoknya aku ngak suka bagi orang-orang yang suka berburu ikan hiu itu hal yang memalukan.

7 05 2013
mysha

bukannya ceker ayam juga memiliki kandungan gizi yg serupa dengan sirip ikan hiu. banyak org yg alergi sama sirip ikan hiu tapi coba cari deh yg alergi sama ceker ayam…

intinya siey stop penangkapan thd ikan hiu. ingat peraturan dalam ekosistem itu gimana. kalau salah satu unsur penting dalam ekosistem langka atau punah, apa yang akan terjadi nantinya who knows…

munculnya serangan tomcat karena rusaknya ekosistem juga kan…
so, waspadalah sebelom terlambat. penyesalan itu dateng belakangan…^^

24 06 2013
Daffi

http://www.kaskus.co.id/thread/51ae19a0621243845900000a/peduli-terhadap-ikan-hiu

buka tuh linknya, hanya orang-orang tolol dan tidak punya perasaan yang masih saja memburu,dan memakan sup sirip ikan hiu. bayangkan kalo kalian yang dipotong kaki dan tangannya lalu dibuang ke laut! just think about it you idiot!!! #saveourshark

15 07 2013
burhanudin

assalamu alaikum wr.wb
memburu ikan hiu boleh-boleh saja asalkn ssuai dengan pemanfaatanya,akan tetapi jika memburu ikan hiu terllu berlebihan maka lambat laun ikan ini akan punah untk selamnya,
nh bagi nelayan yg ada di seluruh indonesia ini,klau anda memburu ikan hiu sebaiknya mengambil yg seprlunya aja supaya anak cucu kita kelak msih bisa melihat ikan hiu ini<<<<<>>>>>>>>>$$
jangn pernh tergiur dengan harga yg di twarkan pembeli
terima kasih wassalam……

3 08 2013
Hendri

Klo gx ada ikan hiu ank,u mkan apa , pank, ,krja di nlyan kan gjih, nya sedikit,

15 10 2013
ahmed

saya punya tulang punggung hiu yg mw beli minat call 089627381146 yang serius call aj

1 11 2013
yudizuheri

sibuk x kalian, org cari rejki halal marah, mang mw kalian kash uang kalo dia gak kelaot lg?

3 11 2013
lanny

Saya ingin beli tulang rawan sirip hiu ukuran telapak tangan .mohon confirm harga per kg
Terima kasih
Lanny

11 11 2013
SISWA SMP

pleasee ya,kurangin dong komsumsi hiu!hiu itu hewan yang hampir punah sekarng!dimana kesadaran diri kalian sebagai warga indonesia:( SAVE US PLEASE

2 12 2013
yordan junaidi

Siapa blng hiu punah,populasi ikan itu tdk akan perna punah,apa lg ikan hiu!diambil seribu lahir lima ribu..mana bisa hbs,

2 12 2013
yordan junaidi

Bagi yg usaha di bidang pengrajin laut khususy kulit pari,kami siap untuk mengadaan barang! Sirip ikan hiu super’mayung dan ikan gabus laut juga ada…yg mau bermitra silakan hubungi ke pin 75d1182d

15 01 2014
devaruci

ikan hiu memang sudah berabad abad terkenal khasiatnya apalagi di bagian asia timur cina,jepang,korea,taiwan sampai vietnam dan thailand pula kenal khasiat si hewan laut ganas ini.apalagi di bagian sirip siripnya yang katanya berkhasiat untuk….ya yang merasa pria jantan perlu merevitalisasi alat vitalnya duh,dan untuk bahan perangsang libido katanya.tapi menurut saya daging bagiannya yang lain pun enak untuk dikonsumsi.bisa untuk di sup,di kare,di panggang bahkan untuk abon hiu atau ikan asin hiu juga bisa enak dimakannya.sekali sekali makan ikan hiu tidak apa apa lah sebagai penyeling menu makanan.

16 05 2014
toko herbal online

memang ikan hiu itu gak di lindungi ya gan

16 05 2014
kredit tanpa agunan

mantap sekali gan ,, saya baru tau loh

20 05 2014
toko herbal online

bagus gan artikel nya , saya jadi terinspirasi tentang artikel nya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: